Connect with us on Facebook
Floating Right
Cari Perangkat Komputer Musik/Recording yang Lengkap,Murah serta BERGARANSI RESMI Datang dan buktikan sendiri di BG Junction Level 2 Blok A-26 Jl. Bubutan 1-7 Surabaya

TABBING TO TRANSIENT


13 November 2014

Transients adalah initial peak dari sebuah sound, atau gampangnya adalah sebuah awal dari sebuah suara. Walaupun transients ini hanya sebentar saja namun ialah yang menentukan karakteristik dari sebuah sound, sehingga transients ini adalah sebuah hal yang sangat penting.

Bagi para musisi hiphop atau mereka yang biasa berkutat dengan sampler, mereka tahu bahwa sound harus dipotong tepat sebelum transients dimulai untuk menghindari glitch dan suara-suara menggangu yang lain. Sebuah loops misalnya, terkadang perlu dipotong untuk diambil suara snare-nya atau suara kick-nya saja, untuk kemudian diaransemen ulang atau dirubah susunannya.

Jika anda menggunakan software adobe audition atau cool edit, menemukan sebuah transients dapat dilakukan dengan perintah find beats. Di Pro Tools anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan tombol tab to transients. Adapun prosedur lengkapnya adalah sebagai berikut :

  • Pada saat anda berada di edit windows, pastikan tombol tab to transients dalam kondisi on. Pada kondisi ini, tiap kali anda menekan tombol tab, kursor akan bergerak maju menuju transients berikutnya.

  • Jika anda ingin kembali ke transients sebelumnya, tekan tombol Ctrl + Tab. Ini akan membawa kursor mundur ke belakang menuju transients sebelumnya.

  • Jika anda menginginkan suatu selection dari posisi kursor anda sekarang menuju ke transients berikutnya, tekan tombol Shift + Tab

  • Jika anda menginginkan suatu selection dari posisi kursor anda sekarang menuju ke transients sebelumnya, tekan tombol Ctrl + Shift + Tab

Catatan : Sensitifitas dari Tabbing to Transients tidak dapat diatur oleh user, angkanya telah ditentukan oleh internal Pro Tools.

Tips : Gunakan tabbing to transients ini untuk lebih cepat menemukan bagian-bagian dari sebuah drum loops. Begitu transients ditemukan, tekan tombol Ctrl + E untuk memotong region menjadi bagian-bagian tertentu.

Anda akan dengan sangat mudah melakukan chopping sebuah drum loops hanya dengan menekan tombol Tab lalu dilanjuttkan dengan Ctrl + E dan seterusnya hingga seluruh bagian Loops telah dipotong-potong.

Dilarang meng copy artikel tanpa seijin penulis

Marcos W Yap
Upgrading Your Music



Baca juga
  » 9 Juni 2016
Teori Basic Audio
Teori Basic Audio

  » 13 November 2014
PRO TOOLS EDIT WINDOW
Mengenal Pro Tools Edit Windows

  » 14 Desember 2012
ZERO CROSSING
Definisi dan tips

  » 9 Desember 2012
GRITTY VOCAL TECHNIQUE
Bagaimana memperoleh hasil vokal ala bintang Rock.

  » 6 Desember 2012
MENGENAL LOOPS
Definisi Loops dan tambahan penjelasannya.